Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Bukan sekedar Pengabdian, Praja membantu mengupdate produk UMKM Desa Nagrak

Bukan sekedar Pengabdian, Praja membantu mengupdate produk UMKM Desa Nagrak

Desa Nagrak merupakan salah satu desa yang masyarakatnya mengelola UMKM untuk peningkatan perekonomian masyarakat desa Nagrak. Terdapat lumayan banyak UMKM yang ada di desa Ngarak, seperti olahan Kue, olahan kerupuk, dan kerajinan tangan. 

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di desa Nagrak memiliki beberapa keunggulan yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat di sekitarnya. Berikut adalah beberapa keunggulan UMKM di desa Nagrak:

  1. Menjadi solusi efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah.
  2. Mampu mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru.
  3. Menyumbang nilai PDB (Produk Domestik Bruto), bahkan di Indonesia, UMKM desa merupakan salah satu penyumbang terbesarnya.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Memberikan peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha dan mengembangkan potensi bisnis di desa Nagrak.
  6. Dapat dijalankan dengan modal kecil dan bisa dilakukan dari rumah sendiri.
  7. Menjadi sumber bahan baku produksi langsung dari masyarakat Desa Nagrak.
  8. Memperluas wilayah bisnis dengan bergabung di beberapa komunitas yang memiliki jenis usaha yang sama.
  9. Meningkatkan mutu pelayanan dengan menerima kritik dan saran dari pelanggan.

Dengan adanya UMKM di desa Nagrak, masyarakat di sekitarnya dapat memperoleh manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan. UMKM di desa Nagrak dapat membuka lapangan kerja baru, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha dan mengembangkan potensi bisnis di desa Nagrak.

Selain itu, UMKM di desa Nagrak juga dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah. Oleh karena itu, pemerintah desa selalu mendorong UMKM di ranah pedesaan untuk bisa maju dan berasing dengan jenis usaha lain dalam kancah internasional.

Akan tetapi, terdapat permasalahan dalam pengelolaan UMKM yang ada di desa Nagrak yaitu kurangnya akses pemasaran sehingga produk UMKM sulit untuk berkembang. Dengan adanya Webdesaku, diharapkan dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran dari produk-produk UMKM tersebut. 

Disinilah fungsi praja untuk membantu pemerintah desa mengupdate data-data produk UMKM yang dimiliki oleh masyarakat desa Nagrak ke Webdesaku, sehingga produk UMKM yang dimiliki oleh masyarakat desa Nagrak lebih dikenal dan mudah di jangkau oleh banyak orang.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler